Beranda   Artikel   Radang Tenggorokan

Radang Tenggorokan

   31 Januari 2023
Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan adalah peradangan yang terjadi pada tenggorokan dengan gejala sakit jika menelan, tenggorokan dan/atau amandel membengkak dan berwarna kemarahan, rasa panas pada tenggorokan, suara serak, dan kadang juga disetai gejala lain seperti demam, batuk, pilek dan lemas.

Apa saja penyebab radang tenggorokan:

 

Infeksi

Radang tenggorokan paling umum disebabkan oleh infeksi virus maupun bakteri. Infeksi bisa terjadi disebabkan karena tertular dari lingkungan sekitar saat kondisi daya tahan tubuh melemah (drop).

Alergi

Alergi juga bisa memicu rasa gatal hingga peradangan di tenggorokan. Umumnya pemicu alergi adalah cuaca dingin, serbuk sari dan makanan-makanan tertentu.

Polusi udara/asap

Polusi, asap dan udara yang tidak bersih dapat mengiritasi saluran nafas dan menyebabkan peradangan dan infeksi pada pernafasan bagian atas (ISPA).

Faktor makanan

Beberapa makanan yg baersifat panas dan pedas juga dapat mengiritasi tenggorokan dan jika tidak langsung diatasi dapat memicu terjadinya radang tenggorokan.

Otot tenggorokan yang tegang

Umumnya terjadi ketika terjadi kita banyak berteriak, menyebabkan sura serak dan peradangan pada tenggorokan

Masalah asam lambung (GERD)

GERD (Gastro-esophagial reflux disesase) terjadi jika asam lambung tinggi naik ke tenggorokan. Asam lambung bersifat mengiritasi, jika sampai ke tenggorokan dapat menyebabkan terjadinya sakit tenggorokan hingga peradangan.

Radang tenggorokan dapat diatasi dengan istirahat, minum air hangat dan mengonsumsi vitamin dan obat-obatan. Salah satu obat yang dapat membantu penyembuhan radang tenggorokan adalah dengan menggunakan spray antiseptik mulut yang mengandung Phenol Crystal. Antiseptik ini dapat membunuh bakteri dan virus penyebab Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) sehingga dapat meredakan rasa sakit pada tenggorokan.